Rabu, 05 Januari 2011

ETIKA BISNIS PADA PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Etika Bisnis

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaansehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C. Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah dibawah ini :
• Perusahaan adalah pengambil harga
• Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
• Menghasilkan barang serupa
• Terdapat banyak perusahaan di pasar
• Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar

Ada dua etika yang harus di pegang oleh para pelaku pasar agar pasar selalu dalam kondisi ideal dan fairness, yaitu:

Pertama, pasar harus dalam kondisi ekuiblirium. Teori ekonomi mengenal ekuiblirium sebagai titik pertemuan antara demand dan supply. Dalam etika pasar islami, ekuiblirium diartikan sebagai titik pertemuan persamaan hak antara pembeli dan penjual. Hak yang seperti apa Hak pembeli untuk mendapatkan barang dan hak penjual untuk mendapatkan uang yang sepantasnya dari barang yang dijualnya. Dalam konteks hak ini, kewajiban-kewajiban masing-masing pihak harus terpenuhi terlebih dahulu, kewajiban bagi penjual untuk membuat produk yang berkualitas dan bermanfaat dan bagi pembeli untuk membayar uang yang sepantasnya sebagai pengganti harga barang yang dibelinya.

Kedua, adanya optimasi manfaat barang oleh pembeli dan penjual. Dapat diartikan sebagai pertemuan antara kebutuhan pembeli dengan penawaran barang oleh penjual sebagai bentuk ta’awun atau lebih keren kita sebut sebagai bertemunya need dan order. Bertemunya dua hal ini, menjadikan barang yang ditransaksikan membawa manfaat, dan menghilangkan kemubadziran dan kesia-siaan.
Pentingnya etika bisnis oleh pelaku pasar dalam menghadapi era free market competitions, perlu untuk kita perhatikan, mengingat persaingan yang terjadi saat ini sangat ketat seharusnya suatu pasar bisa memberikan sesuatu yang berbeda dari pesaingnya sehingga dengan sendirinya masyarakat akan memilih produk yang ditawarkan. Tetap bersaing sehat dan tidak saling menjatuhkan.

Sumber :
http://maskhuzam.wordpress.com/2009/04/02/etika-pasar-bebas/
http://emperordeva.wordpress.com/about/makalah-pasar-persaingan-sempurna/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar