Rabu, 30 September 2009

DEFINISI HARGA & PRODUK

Pasar

Menurut berbagai ahli mendefinisikan tentang harga dan dapat disimpulkan bahwa harga suatu taksiran barang dan jasa yang dapat dijangkau oleh konsumen. Harga merupakan suatu penentu keberhasilan konsumen untuk memperoleh produk baik berupa barang dan jasa. Adapun berbagai tujuan penetapan harga, mendapatkan keuntungan yang maksimal untuk mengusai pasar. Dan untuk mengusai berbagai kendala harga ada berbagai cara/metode/teknik tentang harga.


Menetapkan harga dalam berbagai hal/kegiatan juga harus diperhatikan karena apabila harga terlalu tinggi menyebabkan penjualan menurun. Dan apabila terlalu rendah maka laba yang didapatkan lebih minimum.Harga juga merupakan bauran pemasaran bagi setiap pelaku ekonomi. Menurut saya bauran pemasaran itu sangat penting untuk penentu harga, sebab bauran pemasaran itu suatu kelompok pemasaran yang digunakan pelaku konsumen untuk mencapai sasaran pemasarannya yang berada dipasar.

Adapun untuk bauran pemasaran tersebut dengan harga ada berbagai pendekatan-pendekatan, diantaranya pendekatan permintaan dan penawaran pasar. Dimana pendakatan permintaan dan penawaran dapat menentukan keseimbangan pasar, harga juga dapat diterima oleh konsumen maupun produsen.

Produk
Definisi produk merupakan sebuah barang dan jasa yang ditawarkan dipasar untuk dapat diperhatikan, dibeli dan dipergunakan yang dapat memuaskan konsumen. Produk itu sendiri terdiri dari wujud, kemasan, merk. Adapun yang harus diperhatikan dari produk itu sendiri adalah kualitas dari produk itu sendiri. Produk dibagi menjadi dua yaitu barang dan jasa. Barang dan itu sendiri dapat diperhatikan secara detail oleh konsumen agar dapat mengetahui kualitas dari produk itu sendiri. Sedangkan jasa merupakan kegiatan atau manfaat yang ditawarkan untuk diperhatikan dari segi kegunaannya. Yang dapat dilihat dari produk jasa itu sendiri, kepuasan yang didapat dari tindakan atau kegiatan yang ditawarkan.


Berbicara tentang produk yang lebih diperhatikan adalah kualitas produk. Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Kualitas produk meliputi daya tahan prodok, estetika produk, fitur, kinerja, keistimewaan dan kesesuaian pasar untuk dapat menerima produk. Banyak sekali dari produk yang harus diperhatikan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga kepuasan dari kualitas produk yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar