Minggu, 18 Oktober 2009

Definisi harga

Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Tujuan Penetapan Harga :
-Menguasai Pangsa Pasar.-Mempertahankan perusahaan.-Menggapai ROI (Return on Investment).
-Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, dll.
Menetapkan harga dalam berbagai hal atau kegiatan juga harus dipertimbangkan karena apabila harga terlalu tinggi menyebabkan penjualan menurun. Dan apabila harga rendah maka didapatkan lebih minimum. Harga juga menyangkut merk, produk. Salah satu contoh merk merupakan suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Maka dari itu merk juga mempengaruhi dari harga. Apabila merk tersebut dapat diterima dipasaran maka harga juga akan diterima dipasaran.
Harga juga merupakan bauran pemasaran bagi setiap pelaku ekonomi. Menurut saya bauran pemasaran itu sangat penting untuk penentu harga, sebab bauran pemasaran itu suatu kelompok pemasan yang digunakan pelaku konsumen untuk mencapai sasaran pemasarannya yang berada dipasar. Adapun untuk bauran pemasaran untuk penentu harga adalah pendekatan permintaan dan pendekatan penawaran pasar. Dimana pendekatan permintaan dan penawaran juga sangat menentukan keseimbangan pasar, dan juga harga dapat diterima oleh konsumen maupun produsen dipasar.
Referensi : http://organisasi.org/definisi-pengertian-harga-tujuan-metode-pendekatan-penetapan-harga-manajemen-pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar